Selasa, 22 Januari 2013

Daftar 10 Handphone yang Paling Berbahaya

Efek Radiasi HP Bagi Manusia

Handphone/ponsel tidak memancarkan radiasi infra merah pada saat menerima SMS/telepon. Berdasarkan artikel mengenai Cellular Frequencies(Wikipedia), frekuensi handphone adalah pada band 800 Mhz, 1800 Mhz, atau 1900 Mhz, sedangkan gelombang infra merah memiliki frekuensi 300 Ghz – 400 Thz. Ini jelas berbeda jauh. Lagi pula, dalam sebuah handphone yang tidak ada fasilitas komunikasi infra merah, tidak ada alat atau komponen yang dapat memancarkan infra merah. Lalu dari manakah infra merah itu berasal?

Apakah aman Efek Radiasi HP Bagi Manusia ?
Ketika Anda mengirim/menerima SMS atau menelepon/ditelepon, handphone memancarkan gelombang elektromagnet agar dapat berkomunikasi dengan pemancar operator terdekat. Dalam jumlah yang berlebihan, radiasi ini berbahaya, namun dalam jumlah kecil, radiasi gelombang elektromagnet tidak berbahaya bagi manusia.
FCC (salah satu lembaga pemerintah AS) menetapkan batas maksimal besarnya radiasi yang diperbolehkan untuk handphone atau telepon genggam. Besarnya radiasi handphone ini dinyatakan dalam SAR (Specific absorption rate). SAR adalah nilai maksimum radiasi yang diserap oleh tubuh per satuan berat. FCC menentukan besarnya SAR untuk handphone adalah maksimal sebesar 1.6 W/kg. Negara-negara di Eropa (European Union) menetapkan besarnya SAR maksimal adalah sebesar 2 W/kg. Handphone/ponsel yang berada di atas batas ini tidak boleh diproduksi dan diperdagangkan di negara tersebut.
Jika nilai SAR tinggi, maka radiasi handphone tersebut tinggi


Sepuluh handphone dengan nilai SAR paling tinggi

1. Motorola V195s (1.6)



2. Motorola Slvr L6 (1.58 )



3. Motorola Slvr L2 (1.54)



4. Motorola W385 (1.54)



5. Motorola Deluxe ic902 (1.53)



6. T-Mobile Shadow (HTC) (1.53)



7. Motorola i335 (1.53)



8. Samsung Sync SGH-C417 (1.51)



9. Motorola V365 (1.51)



10. RIM BlackBerry Curve (AT&T) (1.51)



Mengatasi Efek Radiasi HP
Sampai saat ini penelitian mengenai radiasi handphone masih terus dilakukan dan kesimpulan mengenai berbahaya atau tidak masih belum final. Setidaknya kita perlu berhati-hati dengan cara :
1. Menggunakan handsfree jika kita akan menelepon dalam waktu lama.
2. Jauhkan handphone dari tubuh Anda.
3. Jangan menelepon di mobil tanpa antena eksternal.
Biasanya ABG remaja atau muda-mudi yang masih hot-hotnya pacaran sering sekali menggunakan handphone berjam-jam. Apalagi sekarang ada iklan kalau tarifnya murah (0.000…01 rupiah/detik). Bahkan ada yang nelpon semalaman sampai subuh sambil tiduran. Ini tidak baik karena radiasi handphone yang berlebihan dapat berakibat buruk bagi kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bleach - Kurosaki Ichigo's Sword Zangetsu