Kamis, 27 Juni 2013

5 Manfaat AIR MATA Saat Menangis

1. Membunuh Bakteri
Dalam airmata terdapat kandungan Enzim lysozym atau semacam cairan yang berperan sebagai anti bakteri alami. Zat ini mampu membunuh lebih dari 90–95% bakteri yang ada di mata.
Enzim lysozym mempunyai daya basmi terhadap bakteri ini lebih efektif dari obat tetes mata, bahkan Enzim lysozym mampu membunuh bakteri-bakteri tersebut tak lebih dari 5 menit.



2. Mengeluarkan Racun
Seorang ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun.
Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa air mata bisa membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat mata.



3. Membantu Penglihatan
Cairan yang keluar dari mata berupa air mata tersebut mampu meminimalkan dehidrasi yang biasanya terjadi pada membran mata yang membuat penglihatan kabur.


4. Meningkatkan Mood
Dengan menangis, level depresi kita cenderung menurun drastis, dengan begitu perasaan menjadi lega dan otomatis mood kembali naik.
Berbeda dari air mata yang keluar karena iritasi mata, air mata yang dihasilkan oleh tangisan karena faktor emosi mengandung 24% protein albumin untuk meregulasi sistem metabolisme dalam tubuh.



5. Mengurangi Stres
Air mata yang keluar ketika menangis ternyata mengandung hormon stres dalam tubuh yang biasa disebut Endorphin Leucine-Enkaphalin serta Prolactin.
Selain berfungsi menurunkan level stres, penyakit yang ditimbulkan akibat stres seperti darah tinggi bisa dilawan dengan airmata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bleach - Kurosaki Ichigo's Sword Zangetsu